Cara Membuat Akun Shopee Untuk Jualan [Langsung Dari HP]

Dimasa pandemi seperti ini semua kegiatan jadi terbatas, termasuk dalam bidang usaha jual beli. Banyak penjual mulai beralih dalam melakukan transaksi, yang semula konvensional kini pindah ke marketplace online. Tak jarang, Banyak sekali yang mencari panduan tentang cara membuat akun Shopee untuk Jualan.

Shopee adalah salah satu situs belanja online yang ada di indonesia, Perusahaan ini berkantor pusat di Singapura. Berdiri sejak tahun 2015 dan telah melakukan ekspansi ke berbagai negara di asia tenggara.

Baca: Cara Menghapus Akun Shopee

Memiliki slogan Gratis Ongkir, marketplace ini diklaim memiliki 100 juta lebih pengguna aktif setiap bulannya. baik dari pengguna situs Web ataupun dari Aplikasi Shopee untuk pengguna Smartphone.

Melihat ramainya pengguna Shopee, tentu bisa dimanfaatkan untuk menjual produk yang Anda miliki. Setiap orang bisa mendaftarkan diri dan membuat akun untuk Jualan disana. Tidak harus produk Pabrikan, Anda bisa menjual produk rumahan atau hasil UMKM. Yang terpenting bukan barang-barang yang dilarang.

Cara kerja Shopee sangat sederhana, Anda cukup membuat akun jualan dan setelah itu mengupload produk yang ingin ditampilkan. Untuk mempermudah Anda, Simak Cara membuat akun Shopee untuk Jualan dibawah ini.

cara membuat akun shopee untuk jualan

Cara Membuat Akun Shopee Untuk Jualan

Syarat utama sebelum membuka toko di shopee, Anda harus memiliki akun customer/ pelanggan.

Jika sudah memiliki akun shopee yang biasa dipakai untuk belanja, ini akan lebih mempermudah Anda, Karena tidak harus melakukan pendaftaran lagi. Tetapi, bila belum tersedia, silahkan buat terlebih dahulu.

BACA JUGA  Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Di Android & Iphone

Baca: Cara Berjualan di Shopee untuk Pemula

Membuat Akun Shopee

Semua proses pendaftaran, dari membuat akun shopee hingga toko dapat dilakukan melalui Smartphone. Anda cukup menggunakan aplikasi Shopee yang bisa didapatkan dari Google Plastore atau app Store untuk pengguna IOS.

Setelah Anda berhasil memasang aplikasi Shopee kedalam Smartphone, maka bisa lanjutkan ke tahap membuat akun Shopee. Bagaimana caranya? langsung saja ikuti panduan berikut ini.

  • Buka aplikasi Shopee, dan masuk ke menu ‘Saya’.
  • Tap pada ‘Daftar/Register’.
  • Masukan nomor Handphone yang ingin di daftarkan pada Akun Shopee.
  • Verifikasi dengan memasukan Kode OTP yang dikirim oleh pihak Shopee.
  • Selanjutnya, Buat Username ( bisa nama toko ) dan password.
  • Terakhir, tekan lanjut dan Akun shopee telah berhasil dibuat.

Tips: Dalam membuat username silahkan tulis nama toko atau Brand, karena pada saat membuat akun toko nanti, username akan mengikuti akun Shopee Customer Anda.

Contoh username Shopee, Jika anda menjual karpet maka bisa username nya bisa toko_karpet, karpetRumahan. Atau bila menjual produk kategori pakaian, maka bisa membuat username toko_baju. Begitupun untuk yang lainnya, yang penting username masih bisa didaftarkan dan belum digunakan oleh orang lain.

Berikutnya perhatikan pada saat ingin membuat password atau kata sandi. Supaya valid, password harus menggunakan kombinasi antara angka, Huruf besar dan kecil. Contohnya, Bukakunci88, sanDi567, dan lainnya.

BACA JUGA  Kegunaan Koin Shopee Untuk Apa ? Simak Lengkap Penjelasannya

Buatlah password yang aman dan tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Membuat Akun Toko

Akun yang dibuat sebelumnya baru bisa dipakai untuk belanja di Shopee, untuk jualan atau jadi seller, Anda harus mengaktifkan toko terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah, masih didalam aplikasi Shopee dan dengan akun yang telah dibuat tadi, Anda bisa membuat akun Shopee untuk jualan. Untuk langkah-langkahnya, Simak dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Shopee dan Login dengan Akun Anda.
  2. Selanjutnya buka menu ‘Saya’.
  3. Kemudian gulir kebawah dan Tap opsi ‘Mulai Jual’.
  4. Lalu, klik dibagian Tambah Produk.
  5. Selanjutnya, pada notifikasi yang muncul, aktifkan jasa pengiriman ( Jika diminta, silahkan buat alamat pengiriman Anda).
  6. Jika sudah, Silahkan upload Gambar produk anda disertai dengan deskripsi seperti nama produk, penjelasan, kategori, harga, jumlah stok dan lainnya.
  7. Langkah terakhir, tekan tanda ceklis di pojok kanan atas.
  8. Sampai disini akun toko untuk jualan telah berhasil dibuat, Anda bisa menambahkan produk lain di bagian toko.

Produk yang telah berhasil di upload akan muncul di aplikasi Shopee ketika seseorang mencari nya dengan keyword yang sesuai dengan nama barang Anda. Namun, untuk produk baru, biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kesimpulan: Cara membuat akun shopee untuk jualan tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Pendaftaran dapat dilakukan langsung melalui aplikasi Shopee dengan menggunakan Smartphone.Apabila akun sudah dibuat, maka dapat dipakai juga untuk login di situs web Shopee.