|

Cara Daftar Shopee Food Merchant Untuk Resto & Bisnis Kuliner

Bisnis dalam kategori makanan dan minuman memang tidak ada habisnya, dan akan selalu diburu oleh para pecinta kuliner. Keterbatasan tempat dan lokasi kini bukan menjadi halangan, karena penjualan produk bisa dilakukan secara online. Misal, dengan cara mendaftarkan Resto ke Shopee Food.

Shopee Food memang masih terbilang baru bila  dibandingkan dengan layanan Gofood dan Grabfood. Tetapi kelebihan Shopee Food terletak pada jangkauan pengguna yang luas, alasannya karena aplikasi mereka telah terintegrasi dengan Platform belanja online Shopee.

Ada puluhan juta pengguna aktif Shopee setiap harinya, mereka dapat dengan mudah mengakses layanan ShopeeFood yang ada didalam aplikasi Shopee.

Nah, Peluang ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh pebisnis kuliner untuk meningkatkan konversi penjualan. Selain berpotensi meningkatkan pendapatan, bergabung dengan Shopee Food Merchant juga bisa di jadikan ajang untuk mengembangkan binsis ke level yang lebih tinggi.

Pasalnya, Resto yang terdaftar sebagai mitra shopee food kemungkinan bisa masuk kedalam program Promo Shopee Food. Dengan begitu, merchant tidak harus memikirkan pemasaran produk dan biaya iklan, cukup fokus dalam layanan konsumen.

Proses untuk mendaftarkan usaha kuliner ke Shopee Food hanya membutuhkan beberapa dokumen pendukung terkait data pemiliki dan outlet. Adapun untuk cara daftar Shopee Food Merchant, bisa disimak pada ulasan dibawah ini.

Cara daftar Shopee Food Merchant
Source: help.shopee.co.id

Cara Daftar Shopee Food Merchant

Untuk bergabung menjadi merchant Shopee Food cara nya sangat mudah, tidak harus datang ke kantor. Proses daftar mitra shopee food bisa dilakukan secara online dengan melengkapi dokumen dan mengisi formulir. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1.Melengkapi Persyaratan

Hal pertama yang harus disiapkan adalah dokumen kelengkapan sesuai dengan bentuk usaha yang dimiliki, Apakah tipe perseorangan atau terdaftar di Badan Hukum. Berikut Syarat daftar Shopee Food Merchant:

  • Perseorangan/ Individual
    • KTP
    • NPWPD
    • Foto Buku Tabungan
    • 5 Foto menu Populer bentuk kota dengan resolusi 1:1 berdimensi 720×720 pixel
  • Berbadan Hukum
    • KTP/KITAS
    • SIUP/TDUP
    • NPWP
    • TDP/NIB
    • Surat Keterangan Domisili Jika berlokasi diluar Jakarta
    • Akta Pendirian
    • NPWPD
    • Foto Buku Tabungan
    • 5 Foto menu Populer bentuk kota dengan resolusi 1:1 berdimensi 720×720 pixel.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah semua persyaratan terkumpul maka bisa melanjutkan ketahap berikutnya untuk daftar shopee food merchant.

Proses pendaftaran awal dilakukan dengan cara mengisi formulir registrasi disini, meliputi data pemilik dan Restoran ( Siapkan foto tampak depan outlet atau merchant dengan jelas ). Setelah di isi lengkap, selanjutnya bisa menekan tombol kirim dibagian akhir.

3. Menunggu Konfirmasi

Tim Shopee Food akan menghubungi calon mitra/ partner melalui telepon atau ke alamat email yang telah didaftarkan, dalam waktu 3×24 jam hari kerja sejak mengirim formulir.

Melalui jalinan kontak tersebut, tim shopee food akan mengirimkan formulir kelengkapan dokumen beserta perjanjian kerja sama ( PKS ).

4. Mengirim Kembali Dokumen

Pada tahap ini, calon mitra diwajibkan untuk mengirimkan semua dokumen persyaratan sesuai dengan bentuk usaha masing-masing. Serta jangan lup untuk mengisi dan menandatangai surat perjanjian kerja sama yang telah diterima.

Kumpulkan semua, lalu kirim ulang ke tim Shopee Food melalui email dalam bentuk Softcopy. Ingat, jangan sampai ada yang tertinggal karena dapat mempengaruhi proses pendaftaran.

5. Menunggu Pengaktifan Merchant Shopee Food

Jika persyaratan dan PKS telah dikirim, maka Tim Shopee Food akan mengecek semua dokumen tersebut. Bila semua sudah lengkap dan sesuai, proses pendaftaran akan dilanjutkan.

Untuk estimasi pengerjaan sampai dengan merchant aktif, kurang lebih akan memakan waktu paling lama 20 hari kerja.

Jika kamu yakin dengan semua persyaratan mu dan telah mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, maka tidak akan membutuhkan waktu lama agar bisa diterima dan menjadi partner shopee food.

Berapa Potongan Shopee Food Merchant ?

Tidak jauh berbeda dengan pendahulunya seperti GrabFood dan GoFood. Shopee Food menerapkan potongan atau komisi bagi hasil sebesar 20% untuk Shopee Food dan 80% untuk merchant.

Nilai pembagian komisi tersebut sudah sangat standar, perusahaan juga perlu pemasukan dana agar layanan mereka bisa terus berkembang.

Namun, jika dirasa keuntungan menjadi lebih sedikit dengan skema tersebut, maka merchant bisa menaikan sedikit harga pada aplikasi.Contohnya, bila harga awal jual offline 20.000, maka di aplikasi shopee food bisa dijadikan 25.000.

Tetapi itu semua tergantung dari strategi bisnis masing-masing, kalian yang menentukannya sendiri.

Kesimpulan: Bila dibandingkan dengan sebelumnya, cara daftar Shopee Food untuk merchant kini jadi lebih mudah. Tidak seperti dahulu yang agak sedikit rumit, yang formulir memiliki banyak kolom yang harus di isi.