Mudah, Ini Cara Klaim Order Fiktif ShopeeFood Terbaru 2022

ShopeeFood adalah layanan pesan antar makanan dari Shopee yang mana hampir sama layaknya Gofood dan Grabfood.

Hadirnya ShopeeFood membuat tingkat persaingan antar mitra pengemudi aplikasi pesan antar makan menjadi lebih tinggi dalam mencari sebuah orderan. Tak heran bila saat ini banyak bermunculan orderan fiktif atau pesanan Palsu, yang datang untuk mengerjai para driver shopeefood.

Apa Itu Order Fiktif ?

Order Fiktif pada layanan ShopeeFood adalah pesanan yang sengaja dibuat oleh seseorang untuk membeli makanan, namun pada akhirnya pelanggan tersebut akan menghilang dan tidak bisa dihubungi.

Jadi order fiktif intinya adalah pesanan palsu yang sengaja dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dengan niat tujuan untuk merugikan para driver. Orderan fiktif atau biasa disebut Opik, memang sudah biasa terjadi. Tidak hanya pada Shopeefood, hampir semua aplikasi lain juga pernah merasakannya.

Namun tidak perlu khwatir, karena pihak shopeefood telah mengantisipasi akan terjadi hal seperti itu. Mereka memberikan solusi agar driver tidak mengalami kerugian ketika mendapat order fiktif. Yaitu dengan cara klaim order fiktif shopeefood ke Perusahaan.

Melaporkan orderan fiktif dan mengajukan klaim bisa mengembalikan dana yang telah dikeluarkan, jika pesanan telah dibeli. Dana akan di Refund ke Dompet kredit driver ShopeeFood. Adapun untuk lebih jelasnya, mengenai tata-cara klaim bisa disimak pada ulasan dibawah ini.

klaim order fiktif shopeefood

Persyaratan Klaim

Klaim hanya bisa dilakukan jika pesanan sudah terlanjur dibeli dan pelanggan tidak dapat dihubungi ataupun ditemukan. Untuk mempermudah proses nya, pastikan mitra pengemudi sudah memenuhi persyaratannya seperti dibawah ini.

  1. Memastikan Orderan.
    1. Pastikan sudah melakukan konfirmasi pesanan dan alamat kepada pelanggan sebelumnya.
    2. Telah menghubungi pelanggan dengan telepon dan pesan minimal masing-masing 3 kali dalam kurun waktu 15 menit, namun tidak dapat jawaban dan balasan, serta kontak tidak bisa dihubungi.
  2. Menyimpan Bukti konfirmasi telepon dan Chat pelanggan sebelumnya dalam bentuk Screenshot.
  3. Sudah mengantarkan pesanan namun alamat tidak ditemukan atau palsu.
  4. Melakukan Pembatalan pesanan melalui CS Shopee.
  5. Bawa pesanan yang sudah dibeli ke panti asuhan.
  6. Buat bukti serah terima dalam bentuk foto dokumentasi, serta bukti tertulis dengan tanda KOP panti Asuhan.
  7. Melakukan pengajuan klaim maksimal 1 x 24 jam setelah pesanan dibatalkan.
BACA JUGA  Cara Order Shopee Food Untuk Pesan Makanan Dan Minuman [Mudah]

Panduan Cara Klaim Order Fiktif ShopeeFood

Cara klaim order fiktif atau pesanan palsu shopeefood dapat dilakukan dengan menghubungi customer service Shopee. Jika lokasimu dikota, maka lebih direkomendasikan untuk datang langsung ke ShopeeFood Driver Center.

Sedangkan jika jauh atau malas datang ke kantor, maka dapat mencoba untuk melakukan klaim pesanan fiktif shopeefood via email seperti dibawah ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama kunjungi halaman Customer Service di help.shopee.co.id/s/contactusform.
  2. Pada formulir kontak Pilih Layanan “ShopeeFood“.
  3. Dibagian apa yang ingin anda tanyakan pilih “Driver”.
  4. Kemudian, isi data mitra pengemudi.
  5. Pada kolom Deskripsi, Jelaskan detail masalah order fiktif yang dialami.
  6. Selanjutnya, Upload semua bukti yang telah dikumpulkan, mulai dari foto struk pembelian, bukti konfirmasi pesanan, Foto serah terima makanan ke panti asuhan, dan lainnya jika masih ada.
  7. Terakhir, centang Captcha lalu tekan tombol Kirim.

Apa bila pengajuan klaim disetujui, maka dana akan direfund ke dompet pada akun mitra pengemudi dalam waktu 3-7 hari kerja.

Klaim Via Live Chat

Jika ingin mendapatkan respon yang lebih cepat dari customer service, maka bisa mencoba untuk melakukan klaim melalui fitur Live chat yang di aplikasi belanja online Shopee. Ingat, bukan aplikasi driver Yah.

Jadi, selain harus memiliki bukti dokumentasi, kamu juga wajib memiliki akun dan aplikasi belanja Shopee. Jika sudah punya, maka bisa langsung masuk ke langkah-langkahnya.

  • Pada aplikasi Shopee buka menu “Saya”.
  • Di bagian paling bawah pilih “Chat dengan Shopee”.
  • Kemudian, klik “Chat with Live Agent”.
  • Pada balasan yang muncul, Klik “Chat dengan Agen Shopee”.
  • Selanjutnya Pilih ShopeeFood dan Driver, lalu Konfirmasi.
  • Tunggu sampai CS menghubungi, jika sudah ada balasan maka langsung bisa menyampaikan perihal orderan fiktif.
BACA JUGA  Cara Top Up Linkaja Lewat Brimo

Menggunakan live chat memang lebih cepat dalam mendapatkan respon dari CS. Namun, kekurangannya chat sering berakhir otomatis, dan untuk melanjutkan harus mengulang dari awal lagi.

Apalagi untuk HP kentang yang memiliki RAM kecil, ketika melakukan mulitasking untuk membuka aplikasi lain, maka fitur live chat akan tertutup dengan sendirinya. Tetapi jangan pesimis, silahkan dicoba saja terlebih dahulu.

Ciri Ciri Orderan Fiktif ShopeeFood

Untuk terhindar dari masalah ini dikemudian hari, maka driver wajib tahu ciri-ciri order fiktif atau pesanan palsu yang mungkin akan datang. Lalu apa saja ? Berikut diantaranya:

  1. Menggunakan Nama yang tidak jelas.
  2. Jumlah pesanan tidak masuk akal dan menggunakan metode pembayaran Tunai.
  3. Customer Sulit Dihubungi.
  4. Alamat atau lokasi pengiriman Tidak jelas.

Jika mendapatkan pesanan dengan semua kriteria diatas, maka bisa dipastikan fiktif. Jadi lebih baik jangan diambil, atau di cancel jika sudah terlanjur diterima.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, tentang cara klaim order fiktif Shopeefood. Memang tidak mudah untuk mengajukan Klaim ini karena banyak hal yang harsu diperhatikan. Oleh karena itu untuk kedepannya harap lebih berhati-hati lagi dalam mengambil pesanan.