Cara Daftar Kurir Shopee Express Untuk P2P Dan Last Mile

Cara daftar kurir Shopee Express – Shopee merupakan salah satu Marketplace kenamaan yang ada di tanah air. Mereka terus berupaya mengembangkan pelayanan, terutama dalam jasa pengiriman produk. Salah satu cara mereka dalam menangani ini adalah dengan menghadirkan layanan kurir sendiri, Yakni Shopee Express.

Shopee Express ( SPX ) adalah jasa pengiriman barang atau paket yang berada langsung dibawah naungan Shopee. Sebagai salah satu opsi jasa pengiriman terbaik, mereka memiliki 4 tipe layanan, mulai dari Standart, Sameday, Instant, Hingga Hemat.

Baca: Cara Mengecek Resi Standar Expres

Saat ini, Shopee sedang membuka lowongan pendaftaran untuk jadi mitra atau kurir Shopee Express. Kesempatan ini terbuka untuk semua masyarakat, teurtama yang sedang mencari pekerjaan.

Untuk mendaftarakan diri menjadi kurir shopee express sangatlah mudah, asalkan telah memenuhi kriteria dan persyaratan. Jika telah berpengalaman dalam bidang expedisi atau logistik itu akan menjadi nilai tambah. Lebih jelasnya, Simak syarat lengkap serta cara daftar Shopee Express berikut ini.

cara daftar kurir shopee express
Gambar ilustrasi

Perbedaan Shopee Express P2P Dan Last Mile

Sebelum mendaftar, calon mitra wajib tahu bahwa Kurir Shopee Express itu terbagi menjadi 2 tipe, yaitu P2P dan Last Mile. Pahami terlebih dahulu supaya tidak salah ekspetasi setelah bergabung.

Shopee express P2P ( Point to Point ) adalah layanan pengantaran dari Shopee dengan sistem Kurir jemput barang dari seller lalu diantar ke buyer. Kurang lebih sama dengan layanan dua ijo pendahulunya, yakni Grab & Gojek Express Instan.

Pengirman barang dilakukan hanya bila ada pemintaan yang datang dari aplikasi driver.

BACA JUGA  Promo Grabcar Pengguna Baru

Sedangkan, Shopee Express Last Mile adalah layanan logistik dari Shopee dengan sistem kurir ambil barang di Gudang, lalu diantarkan kepada Buyer. Skema ini hampir sama seperti JNT, JNE, AnterAja, dan sejenisnya.

Setiap hari kerja, kurir wajib mengambil barang atau paket dengan jumlah yang cukup banyak, lalu diantarkan ke alamat yang tertera pada barang.

Jika pernah bertemu dengan salah satu kurir diatas, ciri khasnya adalah membawa paket yang menumpuk dibelakang motor.Namun, pada last mile, tidak hanya tersedia kurir motor, tetapi ada juga mobil yang tentunya bisa membawa barang dengan volume yang lebih besar.

baca: Cara Daftar Shopee Affiliates Program

Syarat Pendaftaran Mitra Shopee Express

P2P

  • SIM C AKTIF
  • Memiliki Motor Pribadi
  • KTP/ Surat domisili RT/RW
  • Dokumen Kendaraan lengkap dan aktif ( STNK)
  • Rekening BCA atas nama pribad
  • Usia maksimal 45 Tahun

Last Mile

  • Memiliki SIM A/ SIM C Aktif
  • Memiliki Mobil atau Motor Pribadi
  • Surat Domisili RT/RW
  • Dokumen Kendaraan ( STNK+Pajak) Aktif
  • Rekening BCA an. Pribadi
  • NPWP

Cara Daftar Mitra Kurir Shopee Express

Setelah menyiapkan semua persyaratan dengan lengkap, maka selanjutnya bisa langsung melakukan pendaftaran kurir pada Shopee Express. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka link pendaftaran Shopee Express.
    1. P2P di bit.ly/P2PSPX2021
    2. Last Mile Jabodetabek: bit.ly/pendaftaran-mitraspx-jakarta2
    3. Last Mile Luar Jabodetabek: bit.ly/pendaftaran-mitraspx-nonjabo
  2. Kemudian, Isi formulir mulai dari data diri hingga rekening.
  3. Pilih Domisili atau tempat tinggal.
  4. Selanjutnya, Lengkapi data SIM dan Kendaraan.
  5. Isi data pekerjaan dan lainnya.
  6. Terakhir, klik “Kirim”.

Selesai, tunggu informasi selanjutnya yang akan dikirim ke nomor telepon/ whatsapp. Hanya kandidat yang telah memenuhi persyaratan yang akan di panggil untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Sitem Kerja Dan Gaji Kurir Shopee Express

Pertama, sistem kerja Shopee Express P2P adalah menunggu permintaan dari aplikasi khusus kurir. Jika ada order yang masuk, maka kurir akan mengambil barang terlebih dahulu dari seller Shopee, kemudian diantarkan ke alamat pembeli.

BACA JUGA  6 Cara Menggunakan Koin Shopee Untuk Belanja & Beli Pulsa

Untuk sistem Gaji Shopee Express P2P di hitung dari jarak pengantaran, setiap 1 KM akan dibayar Rp. 2000.

Kurir akan mendapat jaminan argo atau minimal tarif untuk jarak 1-5 KM sebesar Rp. 10.000. namun, bia lebih dari 5km, upah akan dhitungan 2000/km nya.

Selain itu ada juga bonus untuk kurir yang telah mencapai target pengiriman.

Jumlah Order Bonus
3 Rp. 10.000
5 Rp. 30.000
7 Rp. 45.000
10 Rp. 60.000

Nilai pendapatan bonus diatas tidak di akumulasikan, jika mencapai target jumlah order 10, maka hanya 60 ribu, tidak ditotal dari nilai sebelumnya. Note: Bonus tersebut bisa saja berubah atau diturunkan nilainya, tergantung dari kebijakan Shopee Express Setiap daerah.

Lalu, Untuk Sitstem kerja Shopee Express Last Mile adalah mengambil paket yang akan dikirimkan dari Gudang Shopee dengan jumlah tertentu.

Sedangkan, untuk Gajinya akan dihitung dari banyaknya paket yang berhasil diantarkan ke konsumen. Khusus kurir yang berhasil mengirimkan 40 paket dalam sehari, akan mendapatkan jaminan pendapatan Rp.115.000.

Paket ke 41 dan seterusnya akan dihargai Rp. 1800 per paket. Namun sama seperti sebelumnya, Nilai komisi mungkin saja berbeda-beda untuk setiap HUB.

Penutup

Daftar menjadi kurir shopee express menjadi salah satu alternatif untuk mencari penghasilan. Tahap seleksi pendaftarannya juga tidak terlalu rumit, hampir sama dengan cara daftar driver ShopeeFood.

Meskipun terbilang baru, dalam hal Gaji Shopee Express cukup bersaing secara kompetitif dengan yang lainnya. Bila di pukul rata, mitra dapat menghasilkan uang 3 – 5 juta dalam sebulan.