Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP OPPO Tanpa Aplikasi Tambahan

Menyembunyikan aplikasi adalah salah satu metode yang bisa diterapkan untuk menambah lapisan keamanan Pada Ponsel OPPO miliki Anda. Dengan cara  menyembunyikan aplikasi di HP OPPO, maka Ikon aplikasi tidak akan terlihat pada Layar beranda.

Oppo memang merupakan salah satu Ponsel yang memiliki berbagai macam fitur menarik. Tidak hanya terdapat pada sektor kamera, seperti AI Beauty, AI Mixed Portrait, dan Monochrome video. Tetapi dari segi keamanan juga sudah sudah dilengkapi dengan fitur App Hide, yang berguna untuk menyembunyikan Ikon Aplikasi.

Jika Anda adalah seseorang yang sangat mementingkan Privasi, maka fitur ini akan sangat berguna. Anda tak perlu khawatir lagi ketika ada teman atau sanak keluarga hendak meminjam Ponsel. Karena tentunya, Anda bisa menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin dilihat oleh orang asing.

Untuk menggunakan fitur menyembunyikan aplikasi pada Ponsel Oppo tidaklah sulit. Agar mempermudah Anda, Simak Cara Menyembunyikan aplikasi di HP OPPO berikut ini:

cara menyembunyikan aplikasi di hp oppo

Cara Sembunyikan Aplikasi Di HP OPPO

Sebelum menyembunyikan aplikasi ada baiknya untuk memperhatikan Syaratnya terlebih dahulu. Pada metode ini kita akan menggunakan fitur bawaan, jadi tidak membutuhkan aplikasi tambahan.

Namun, ini hanya bisa diterapkan untuk Ponsel OPPO yang sudah mengusung Sistem Operasi ColorOS Versi 5 ke atas. Contohnya, Pada OPPO A3S, A12, A54, A1K, A53, A5S, A5 2020, dan lainnya. Jika perangkat yang Anda gunakan sudah support, maka bisa lanjut ke tahap untuk menyembunyikan aplikasi. Bagaimana Caranya?. Simak Langsung dibawah ini:

BACA JUGA  10 HP Dibawah 1 Juta Murah Terbaik 2022 ( Android 4G )
  • Buka Menu pengaturan Ponsel di HP OPPO.
  • Pilih Menu keamanan.
  • Tap Pada Bagian Enkripsi Aplikasi, Lalu buat Sandi Privasi.
  • Selanjutnya, Klik pada aplikasi yang ingin disembunyikan.
  • Kemudian, Tekan Tampilkan Hanya Terenkripsi yang berada di pojok kanan atas.
  • Klik ikon aplikasi dan aktifkan Toggle pada sembunyikan ikon layar depan.
  • Langkah terakhir adalah membuat Nomor Akses yang diawali dengan tanda # (Contoh: #0000#) lalu tekan Selesai.

Hal yang perlu diingat ketika membuat Sandi Privasi adalah jangan lupa untuk memasukan email, nomor, atau pertanyaan Backup. Ini akan berguna untuk melakukan recovery sandi jika sewaktu-waktu lupa.

Dan juga Sandi Privasi ini berbeda dengan kunci layar, jadi tidak harus disamakan ketika membuatnya. Tetapi sandi ini akan sama untuk fitur kunci aplikasi dan Brankas Privasi. Anda hanya perlu membuatnya sekali saja, dan akan digunakan untuk seterusnya.

Baca Juga: Cara mudah Screen Mirroring HP OPPO ke TV

Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi OPPO

Untuk menampilkan dan mengakses aplikasi yang telah disembunyikan caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan kode akses yang telah dibuat sebelumnya.

  1. Pertama-tama, masuk ke menu panggilan telepon
  2. Lalu, ketikan kode akses, contoh #0000#
  3. Secara otomatis folder aplikasi tersembunyi akan tampil.
  4. Selesai.

Setelah aplikasi ditutup dan telah selesai digunakan, maka secara otomatis akan disembunyikan lagi secara otomatis. Anda perlu mengulangi langkah yang sama dan memasukan kode akses jika ingin membukanya lagi.

BACA JUGA  Cara Mengunci Jaringan 4G Hp Vivo Biar Sinyal Stabil & Lancar

Kesimpulan: Cara menyembunyikan aplikasi Di Ponsel OPPO sangatlah mudah. Jika Anda sebelumnya pernah menggunakan Ponsel merk lain, maka perlu melakukan adaptasi ulang dalam menemukan letak dan pengaturannya. Perbedaan User Interface memang akan sedikit membingungkan, khususnya dalam hal Navigasi.

Lalu bagaimana nasib untuk pengguna Oppo keluaran lama seperti Oppo a37, f1s, a83, a71 DLL ?. Anda bisa menemukan Fitur ini pada menu pusat keamanan. Untuk cara penerapannya hampir sama, Silahkan perhatikan langkah-langkah di atas dari mulai membuat sandi Privasi.