Cara Menghapus Akun Google yg Tidak Terpakai

Memiliki akun Google memang sangat penting. Namun bila terlalu banyak akun tentu merepotkan. Beberapa akun Google mungkin tak pernah digunakan atau terindikasi diretas oleh seseorang. Karena itu sebaiknya memang dihapus saja akun itu. Tetapi bagaimana cara menghapus akun Google yg tidak terpakai?

Dengan akun Google, pengguna bisa masuk ke layanan Google apa saja.  Nah agar tak bingung mengelola akun Google yang terlalu banyak, hapus saja akun yang memang tak terpakai. Pengguna bisa menghapus Akun Google setiap saat. Hanya saja setelah terhapus maka pengguna tak bisa mengembalikannya.

Pengguna bakal kehilangan segala data ataupun konten dalam akun itu, misalnya e-mail, kalender, file hingga foto. Pengguna tak akan dapat memanfaatkan layanan Google menggunakan akun itu, antara lain Gmail, Google Drive, Kalender, maupun Google Play. Pengguna pun tak bisa lagi mengakses konten (aplikasi, game, film, musik, maupun acara TV) yang dibeli atau berlangganan di YouTube atau Google Play menggunakan akun itu.

Cara menghapus akun Google yg tidak terpakai karena diretas atau disusupi, sebelumnya pengguna bisa menjalankan Security Checkup guna mengetahui lebih mendalam aspek mana yang diretas tanpa izin. Dengan begitu, pengguna bisa mencoba langkah tertentu dalam meminimalisir kerentanan dari aksi peretasan tersebut. Bila pengguna menyimpan sandi dalam Akun Google, pengguna bisa memastikan jika peretas bisa membobol password. Bila itu yang terjadi maka pengguna perlu mengganti kata sandi lama.

BACA JUGA  Cara Transfer (TF) M Banking BCA ke OVO

Bila pengguna menyimpan daftar kontak dalam Akun Google, bisa dipastikan apakah daftar kontak itu sudah diunduh peretas. Bila itu yang terjadi maka pengguna bisa memberitahu kontak agar waspada bila mendapatkan pesan mencurigakan. Yang juga penting dipastikan yaitu apakah Google Pay telah digunakan untuk bertransaksi. Pengguna bisa mengecek jika terjadi transaksi ilegal sehingga bisa dibuka sesi sengketa.

Begitu akun Google dihapus, pengguna tak bisa lagi memakai layanan Security Checkup bila ingin mengecek aktivitas dalam akun itu. Bila pengguna memanfaatkan Gmail untuk keperluan mendaftar layanan perbankan online, jejaring sosial, maupun aplikasi dan diduga terjadi peretasan maka pengguna bisa menambahkan e-mail baru untuk berbagai layanan tadi. Nah, apabila pengguna punya lebih dari satu akun Google,maka menghapus satu akun tak menghapus akun lain.

Baca Juga:

Langkah-langkah cara menghapus akun Google yg tidak terpakai

  • Akses akun Google dari peramban dilaptop. Selanjutnya, pilih menu Profil lalu klik pada Manage your Google Account.
  • Klik pada menu Data & privacy kemudian gulir layar ke bawah hingga menemukan More options. Selanjutnya tekan tombol Delete your Google Account.
  • Ketikkan kata sandi e-mail dari akun Google itu, kemudian tekan tombol Next untuk login. Log-in kembali tersebut guna mengecek jika yang menghapus akun memang pemilik akun, tidak hacker.
  • Pengguna harus membaca semua informasi yang ditampilkan, kemudian berikan centang semua opsi yang tersedia. Sesudah itu, tekan tombol DELETE ACCOUNT.
  • Akun Google sukses dihapus permanen.
BACA JUGA  Cara Menghapus Akun Shopee

Cara menghapus akun Google yg tidak terpakai bila dilakukan dari ponsel, langkah-langkahnya hampir sama dengan prosedur di laptop. Menghapus akun Google berarti pengguna betul-betul kehilangan semua data sekaligus akses dengan akun itu.

Oleh karena itu, sebelum mengambil keputusan tersebut, cek bahwa seluruh data utama sudah dilakukan backup. Jika pengguna sudah tak ingin menggunakan akun Gmail, pengguna pun dapat menghapus email itu tanpa harus menghapus akun Google.