Cara Upload Video Youtube Bebas Klaim Hak Cipta

Setiap hari orang-orang dari seluruh dunia menonton sekitar 1 miliar jam video YouTube. Popularitas platform berbagi video ini telah berubah dari saluran hiburan, menjadi alat monetisasi untuk bisnis maupun pribadi. Cukup dengan upload video orisinal dan menunggu penonton melihatnya. Namun terkadang upload video terkendala klaim hak cipta. Bagaimana cara upload video youtube bebas klaim hak cipta?

YouTube kini sebagai tempat untuk menghasilkan uang. Maka inilah saat yang tepat untuk memulai. Anda dapat membagikan konten di YouTube untuk membantu menghasilkan uang pada akhirnya. Tapi bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dengan YouTube? Hanya dengan mengunggah video yang dimiliki dengan rutin ke akun Youtube dan menunggu pengguna lain memutar video itu. Yang perlu diperhatikan ketika mengunggah video yaitu jangan sampai ada klaim hak cipta.

cara upload video youtube bebas klaim hak cipta

Cara Upload Video Youtube Bebas Klaim Hak Cipta

Boleh jadi pengguna pernah mengunggah video dimana di dalamnya menggunakan penggalan lagu atau video yang diambil dari video milik orang lain. Dan ternyata lagu atau video itu mempunyai hak cipta. Pengguna akhirnya terkena klaim hak cipta dari pemilik. Agar tak terulang lagi, para pengguna harus tahu cara upload video Youtube bebas klaim hak cipta. Pelajari langkah-langkahnya berikut ini dengan cermat.

BACA JUGA  Cara Mengecek Garansi Xiaomi

Klaim yaitu menautkan video ke aset tertentu termasuk data kepemilikan. Dengan begitu pemilik aset bisa membuat berbagai ketentuan misalnya untuk monetisasi, melacak, maupun mencegah dari video itu. Ada beberapa hal yang harus dilakukan supaya pengguna Youtube tak mendapatkan klaim hak cipta dari orang lain diantaranya adalah :

Baca: Cara Menghapus Akun Google yg Tidak Terpakai

  • Video buatan sendiri : membuat video orisinil adalah cara tepat guna menghindarkan diri dari adanya klaim hak cipta pihak lain. Sampai-sampai Youtube pun merekomendasikan langkah itu. Teknik simpel menciptakan video asli buatan sendiri yaitu membuat konten video berupa beragam aktivitas keseharian atau merekam kejadian di sekitar yang sekiranya menarik.
  • Mengolah video yang ada menggunakan perangkat lunak : saat mengolah video, pengguna dapat memanfaatkan program editing video di komputer dan juga perangkat android. Saran untuk program yang layak digunakan untuk di komputer diantaranya Las Vegas, Adobe Premiere, dan lainnya. Sementara untuk di perangkat android dapat menggunakan aplikasi Viva Video, Kine Master, dan sejenisnya.
  • Manfaatkan video dengan label Licence Creative Commons : bilamana pengguna memang hendak menggunakan video di Youtube, coba temukan video dengan lisensi Creative Commons. Untuk menemukan video dengan lisensi CC tersebut cukup gampang. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Masuk ke situs Youtube dan login menggunakan akun yang dipunyai.
  • Ketikkan keyword dalam kolom pencarian lalu tekan enter.
  • Otomatis berbagai video yang dicari pun ditampilkan sesuai kata kunci.
  • Tekan tombol Filters lalu klik pada Creative Commons.
  • Pilih salah satu video yang paling sesuai dan download menggunakan aplikasi pihak ketiga.
  • Manfaatkan audio bebas hak cipta : umumnya para pengunggah pernah menggunakan audio untuk musik latar yang ternyata memiliki copyright. Sehingga, kini para yutuber mesti hati-hati ketika akan menggunakan lagu yang ada di internet.
BACA JUGA  Cara Membuat Email Baru Di Hp Oppo | Bisa Langsung Jadi

Syarat Monetasi Video Youtube

Agar dapat menghasilkan uang dari Youtube, pemilik akun harus mengikuti program Google Adsense Youtube. Tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebuah akun bisa mendapatkan akun Adsense Youtube yaitu :

  • Punya setidaknya 1.000 subscriber.
  • Telah dilihat selama 4.000 jam dalam rentang satu tahun.
  • Mengaktifkan verifikasi 2 langkah.
  • Tak melanggar pedoman Google.