Cara Menghapus Akun Grab

Karena berbagai alasan, sebagian pengguna mungkin ingin menghapus akun Grab. Itu mungkin karena pindah ke layanan sebelah atau memang sudah tak pernah menggunakannya lagi. Cara menghapus akun Grab tak susah sebenarnya, namun masih banyak pengguna yang belum tahu.

Grab datang pertama kali sebagai aplikasi pemesanan transportasi online terutama dengan sepeda motor dan mobil. Selanjutnya Grab pun merambah layanan pemesanan makanan dengan hadirnya Grab Food. Berbagai layanan Grab banyak diminati pengguna berkat kemudahan dan tariff murah yang dikenakannya. Grab pun menawarkan beberapa alternative pembayaran dari tunai, kartu kredit dan dompet digital OVO.

Di balik segala kelebihannya itu, Grab tentu membawa pula beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan Grab yaitu respon yang kurang cepat apabila konsumen mengirimkan keluhan yang ditemui di perjalanan. Pun dengan tariff yang kadang berubah atau tak sesuai dengan yang tercantum ketika konsumen pertama kali membuat order. Lalu untuk diskon terkadang malah digunakan untuk permainan harga dari oknum driver yang tak bertanggung jawab. Karenanya, ada beberapa pengguna yang kurang nyaman dan ingin menonaktifkan saja akun Grab yang dimiliki.

Akun Grab yang dinonaktifkan atau dihapus maka pengguna pun otomatis akan menonaktifkan kepesertaan di GrabRewards tak terkecuali dana OVO dan OVO points bila memang ada. Pun termasuk berbagai hadiah yang tersedia. Apabila pengguna menggunakan kembali aplikai Grab di masa yang akan datang maka saldo OVO dan jumlah OVO points yang tadinya tersambung, atau hadiah yang tadinya tak digunakan hilang. Sesudah dimatikan, akun Grab tak lagi bisa dibuka, tak bisa dikembalikan, dan hilang permanen.

BACA JUGA  Cara Daftar Antrian Online Grab | Datang Ke GDC Jadi Lebih Mudah

Langkah dan cara menghapus akun Grab adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke aplikasi Grab.
  • Klik menu Akun yang berada di sudut kanan bawah.
  • Ketuk ikon Edit Profil.
  • Di sudut kiri atas coba ketuk profile sehingga akan ditampilkan detail menu. Selanjutnya ketuk profile berupa gambar atau nama sehingga bisa membuka menu selanjutnya.
  • Sesudah ditampilkan menu profile, selanjutnya pengguna bisa membatalkan tautan dari Google, Facebook maupun akun social media yang lain. Otomatis aplikasi Grab kini tak lagi terkoneksi ke akun Google maupun akun-akun lain milik pengguna yang sebelumnya terhubung.
  • Sesudah itu gulir layar hingga terbawah dimana tersedia pilihan Hapus akun. Coba ketuk tombol Hapus akun itu agar dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Langsung ditampilkan kolom konfirmasi “Detail kartu akan dihapus ketika anda keluar, kecuali mengatur PIN anda sekarang”. Apabila pengguna hendak menghapus akun selamanya, untuk itu ketuk tombol Hapus Akun. Ditampilkan opsi notifikasi berikutnya, coba ketuk tombol YA sehingga langkah penonaktifan pun dimulai.
  • Begitu langkah penghapusan tuntas, otomatis pengguna akan diarahkan menuju laman awal.
  • Coba buka situs resmi di link help.grab.com. Kemudian gulir hingga bawah untuk menemukan formulir Penutupan Akun Grab. Pengguna dapat melengkapi tiap kolom menggunakan data valid lalu bila sudah diisi semua, klik tombol Kirim. Hingga langkah ini maka akun Grab milik pengguna sudah dihapus permanen oleh sistem. Lalu klik tombol Unsubscribe agar tak lagi menerima e-mail promosi yang dikirimkan pihak Grab.
BACA JUGA  Cara Merekam Layar Hp Vivo Tanpa Aplikasi ( Dengan Suara )

Dengan menghapus akun Grab sebagaimana telah disebutkan akan mengakibatkan seluruh saldo, rewards, poin, hadiah dan lainnya yang ada  dalam akun akan hilang. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk menghapus Akun Grab sebaiknya dipikirkan lagi untung-ruginya. Jika sudah mantap, cara menghapus Akun Grab tadi dapat dipraktekkan.