Biaya Naikkan Daya Listrik

Daftar Biaya Naikkan Daya Listrik – Menambah daya listrik acapkali merupakan keharusan dari sebagian rumah tangga disebabkan situasi tertentu. Umpamanya adanya peralatan  elektronik baru di rumah atau mengoperasikan usaha dari rumah. Berapa ketentuan biaya menaikkan daya listrik yang ditetapkan oleh PLN saat ini?

Tidak bisa dielakkan, suplai daya listrik PLN cukup vital dalam kehidupan keseharian. Relatif setiap aktifitas yang dikerjakan tentu memerlukan daya listrik. Kapasitas daya listrik PLN dapat dipilih berdasarkan kebutuhan pelanggan. Pelanggan pun dapat meminta perubahan daya listrik bila menganggap daya listrik memang tak cukup atau sebaliknya terlalu banyak.

Konsumen dapat meningkatkan daya listrik apabila listrik di rumah kerap mati maupun tak stabil. Arus listrik yang tak stabil bisa merusak peralatan elektronik apabila itu berlangsung terus-menerus. Makin besar daya listrik, makin beragam alat elektronik yang dapat dijalankan. Oleh sebab itu, pelanggan harus paham dulu cara naikkan daya listrik.

Baca: Cara Mengecek kWh Listrik

biaya naikkan daya listrik

Cara Tambah Daya Listrik

Masyarakat bisa meminta tambah daya listrik via online dari situs resmi PLN maupun aplikasi PLN Mobile. Akan tetapi tak setiap konsumen dapat membuka internet. Oleh sebab itu, konsumen bisa meminta tambah daya listrik dengan datang ke kantor PLN terdekat. Pelanggan  mesti menyediakan syarat-syarat yang diperlukan diantaranya : fotokopi rekening listrik terakhir, fotokopi KTP pemohon (sediakan pula surat kuasa, surat perjanjian, maupun surat keterangan lain demi menghindari kekeliruan), denah lokasi bangunan, dan materai.

BACA JUGA  Cara Top Up Linkaja Lewat Brimo

Sementara langkah-langkah cara menambah daya listrik adalah sebagai berikut :

  • Kunjungi kantor PLN setempat dan jangan lupa membawa syarat-syarat dokumen yang telah ditentukan.
  • Sampaikan ke petugas PLN bahwa bermaksud menambah daya listrik.
  • Setelah diproses, pelanggan tinggal menyelesaikan pembayaran di loket.

Baca: Cara Melihat Nomor Token Listrik di Meteran PLN

Berapa Biaya Naikkan Daya Listrik PLN?

Perusahaan Listrik Negara atau PLN sudah menentukan besaran biaya naikkan daya listrik yang dikalkulasi dengan memperhitungkan daya awal, tujuan naikkan daya, serta besaran daya yang diinginkan. Langkah penambahan daya listrik diambil demi memperbesar suplai tenaga listrik yang dihitung dalam volt ampere (VA). Untuk Indonesia, power daya listrik kelompok rumah tangga mulai dari 900 VA, 1.300 VA, 2.200 VA, dst.

Dilansir dari situs resmi PLN, di bawah ini daftar besaran biaya naikkan daya listrik yang berlaku untuk meteran prabayar dan juga pascabayar.

Daya awal 450 VA

  • ke 900 VA: tarif Rp 441.500
  • ke 1.300 VA: tarif Rp 816.450
  • ke 2.200 VA: tarif Rp 1.659.750
  • ke 3.500 VA: tarif Rp 2.975.450

Daya awal 900 VA

  • ke 1.300 VA: tarif Rp 394.800
  • ke 2.200 VA: tarif Rp 1.238.100
  • ke 3.500 VA: tarif Rp 2.539.400

Daya awal 1300 VA

  • ke 2.200 VA: tarif Rp 863.300
  • ke 3.500 VA: tarif Rp 2.151.800
BACA JUGA  Cara Mengisi Saldo Grab Driver

Daya awal 2.200 VA

  • ke 3.500 VA: tarif Rp 1.279.700

Untuk mengetahui biaya naikkan daya listrik, PLN pun telah menyiapkan fitur simulasi biaya tambah daya listrik dalam situs resmi yang dapat dibuka di alamathttps://web.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/simulasi-tagihan/simulasi-perubahan-daya.

Tips Hemat Listrik

Listrik sangat penting bagi kehidupan. Agar tetap berkesinambungan, masyarakat memang harus berperilaku hemat. Ada banyak hal yang bisa dilakukan demi menghemat penggunaan listrik diantaranya : matikan lampu di siang hari dengan memaksimalkan pencahayaan dari cahaya matahari, ganti lampu dengan teknologi LED yang hemat daya, maksimalkan ventilasi udara sehingga penggunaan AC pun bisa diminimalisir.

Jangan terlalu sering cuci baju pun cukup penting untuk diperhatikan. Kumpulkan dulu baju-baju kotor hingga kapasitas maksimal mesin cuci, baru dilakukan pencucian. Dengan begitu tak sebentar-sebentar cuci baju yang membutuhkan daya listrik yang tak sedikit. Tentu masih banyak kegiatan yang berguna dalam menghemat daya listrik di rumah.