Cara Refund Tiket Kereta

Cara refund tiket kereta api dapat diproses dari aplikasi WhatsApp (WA) Kereta Api Indonesia (KAI). Oleh karena itu untuk calon penumpang yang hendak membatalkan tiket kereta karena sebab-sebab tertentu, misalnya tak jadi mudik di hari itu harus paham dulu caranya.

Dinukil dari akun Instagram KAI, ketentuan terbaru cara pengembalian tiket kereta lewat WA itu mulai berlaku 10 Februari 2022. Dijelaskan, layanan WA Contact Center 121 sebatas akan melayani pembatalan untuk calon penumpang yang mempunyai hasil rapid tes antigen positif. Terus bagaimana cara refund tiket kereta melalui Whatsapp ini?

cara refund tiket kereta

Cara Refund Tiket Kereta dari WhatsApp

Sebagaimana dimengerti bersama bahwa calon penumpang yang tak lolos skrining COVID-19, bisa memproses Pengembalian tiket kereta yang langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pemegang tiket itu wajib memberikan kode booking, data diri serta bukti positif rapid test antigen/ RT- PCR.
  • Pembatalan bisa diminta dari nomor WA Contact Center 121 di 081112111121.
  • Permohonan pembatalan tak melebihi H+14 dari tanggal keberangkatan kereta yang tertera pada tiket.
  • Refund diberikan penuh (selain bea yang telah dikeluarkan untuk memesan tiket).
  • Refund bea menggunakan skema transfer 14 hari dari tanggal proses pembatalan.

Ada sejumlah ketentuan untuk calon penumpang yang hendak meminta refund tiket kereta selain karena hasil rapid tes antigen positif yaitu :

BACA JUGA  Cara Mengajukan Pinjaman di Shopee
  • Pengaju pembatalan yaitu penumpang sendiri atau salah satu penumpang dimana identitasnya teregistrasi dalam aplikasi KAI Access dan memakai akun KAI Access pengaju.
  • Pembatalan tiket lewat aplikasi KAI Access bisa diajukan paling lambat 3 jam menjelang Kereta Api berangkat ditambah kode booking dengan status “Paid” sekaligus pula belum dicetak menjadi boarding pass. Apabila melebihi waktu tadi, untuk itu pembatalan harus diminta dengan datang ke loket stasiun online pembatalan.
  • Pada permintaan pembatalan tiket ini dibebankan pengembalian bea senilai 25% dari harga tiket tak termasuk biaya pesan.
  • Untuk pengembalian bea cuma menggunakan cara transfer bank. Pengembalian bea bisa ditransfer ke rekening bank dari salah satu penumpang yang tertera di kode booking tiket. Nama serta nomor rekening bank yang dimasukkan wajib sama dengan yang tertera di buku tabungan.
  • Bilamana terjadi kekeliruan memasukkan nama atau nomor rekening yang dilakukan pemohon otomatis pengajuan pembatalan itu ditolak sistem. Calon penumpang bisa memprosesnya di loket stasiun yang ditentukan sesudah memperoleh notifikasi berupa SMS.
  • Refund tiket kereta pun bisa diminta jika pemesanan sebelumnya dari website online diluar aplikasi KAI Access serta kode booking bisa masuk dalam menu “My Trip”. Kemudian nama yang tercantum pada tiket pun terdaftar menjadi user KAI Access.

Cara Refund Tiket Kereta Langsung di Loket

Pemohon harus membawa bukti identitas asli dan fotokopi yang sama dengan identitas yang tertera di tiket. Sedangkan pemohon yang tidak sebagai pemilik tiket, harus menyertakan surat kuasa dari pemilik tiket dilengkapi meterai, data diri penerima kuasa, fotokopi KTP pemilik tiket, dan fotokopi KTP penerima kuasa.

BACA JUGA  Cara Melihat Nomor Token Listrik di Meteran

Selanjutnya pemohon datang ke stasiun pembatalan. Pemohon bisa melengkapi lembar isian pembatalan dua rangkap, meliputi boarding pass dan data penumpang, ditambah surat keterangan pengambilan biaya pembatalan. Selanjutnya lembar isian yang sudah diisi diberikan ke petugas untuk validasi. Sesudah ituĀ  formulir dikembalikan lagiĀ  ke pemohon. Berkas tersebut merupakan syarat mengambil biaya pembatalan apabila pemohon menggunakan mekanisme refund tunai.

Dana akan dikirimkan ke rekening atau boleh juga diambil tunai 30 hari sesudah pengajuan. Pengambilan tunai dapt dilakukan di loket daftar stasiun pembatalan. Cukup serahkan formulir pembatalan yang telah divalidasi tadi.

Pengguna kereta api yang ingin mendapatkan info lebih jelas bisa langsung menelepon nomor Contact Center (021) 121 atau juga mengirimkan email ke cs@kai.id.